Sains Teknologi | Pentingnya mengenal Banjir Rob


Assalamualaikum Warahmatullahi wabarakatuh

    Selamat malam bapak - bapak, ibu - ibu serta rekan rekan. Mitigasi bencana merupakan suatu hal yang perlu kita perhatikan bersama. Indonesia sebagai wilayah yang memiliki daerah pantai khususnya daerah Air Bangis tentu Siaga Bencana perlu dilakukan sedini mungkin. disini saya akan menjelaskan mengenai mitigasi bencana menghadapi banjir rob.

    Apa itu banjir rob? banjir rob merupakan suatu bencana alam yang terjadi akibat pasangnya air laut sehingga air yang naik dapat menggenangi daratan. Hal ini sering terjadi di daerah yang permukaannya lebih rendah dari permukaan air laut. Apalagi ketika curah hujan meningkat pada daerah yang rawan terkena banjir rob ini.

    Banjir rob ini sangat berbahaya karna dapat membuat perumahan serta perkebunan masyarakat yang terdampak menjadi hancur. apalagi sekarang ini cuaca sering tidak menentu dikarenakan polusi, dan pemanasan global. selain merugikan masyarakat dalam hal harta benda, banjir rob ini juga dapat membawa bibit penyakit terhadap masyarakat. selain bibit penyakit banjir rob juga akan menganggu seluruh aktivitas masyarakat setempat karna mereka perlu membersihkan dan mengungsi jika bencana ini terjadi.

    Untuk mencegah ancaman terjadinya banjir rob masyarakat tentu perlu mengetahui apa saja karakteristik terjadinya banjir rob

    1. terjadi ketika laut pasang

    2. warna air tidak terlalu keruh

    3. tidak selalu ketika padasaat musim hujan

    4. terjadinya badai seperti angin topan

    lalu setelah kita mengatahui bahaya mengenai banjir rob ini lalu bagaimana cara pencegahannya? untuk cara pencegahannya kita perlu membuat daerah permukaan daratan harus selalu lebih tinggi dari permukaan laut. seperti

    1. Membangun tanggul maupun bendungan di pesisir pantai

    2. Membuat struktur alami seperti rawa rawa maupun hutan bakau

    untuk jelsnya dapat diperhatikan sesuai poster berikut ini, terima kasih telah membaca, tetap berhati hati terhadap bencana yang ada di sekitar kita. 

    





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sains Teknologi | Infografis Proses Mitigasi Bencana Alam: Tsunami

Sains Teknologi | Website Development

Sosial Masyarakat | Pariwisata Berkelanjutan Langkah Pelestarian Untuk Masa Depan