Sosial Masyarakat | Pengembangan Pariwisata oleh Masyarakat





    Terdapat berbagai bentuk partisipasi masyarakat dalam kegiatan pariwisata yang ada di daerahnya. Dikarenakan tiap individu memiliki keahliannya sendiri-sendiri, maka berbagai bentuk partisipasi yang disumbangkan perlu diakomodasi dengan baik oleh pihak terkait. Bentuk partisipasi masyarakat diantaranya yaitu:

  1. Bentuk Partisipasi Masyarakat di Kawasan Wisata dapat disimpulkan seperti adanya kemauan dari masyarakat yang secara keseluruhan ikut serta atau berpartisipasi dalam pelaksanaan Pengembangan Kawasan Pariwisata yang dibuktikan dengan kesehariannya sebagai penjaga pintu masuk, petugas parkir, petugas keamanan pantai, serta kerja bakti ataupun pembangunan fasilitas penunjang yang ada di Kawasan Wisata. Dilihat dari bentuk partisipasi yang dilakukan masyarakat setempat yang diberikan dalam bentuk tenaga, maka dapat disimpulkan partisipasi yang diberikan tersebut merupakan tingkat partisipasi insentif.
  2. Bentuk Partisipasi keterampilan dan kemahiran, di tujukan dengan adanya kemauan responden untuk usaha rumah makan dan kios kecil-kecilan yang menjual makanan dan minuman ringan. Jika dilihat dari partisipasi yang diberikan masyarakat dalam bentuk keterampilan dan kemahiran, maka partisipasi tersebut dapat dikatakan dalam tingkat partisipasi inisiatif.
  3. Bentuk Partisipasi masyarakat dalam bentuk buah pikiran, mulai dari perencanaan dan tahap pelaksanaan yang dilakukan oleh pemerintah desa dan panitia pengelola kawasan objek wisata terkait pengembangan kawasan objek wisata. Maka partisipasi tersebut dapat dikategorikan dalam bentuk tingkat partisipasi interaktif.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sains Teknologi | Infografis Proses Mitigasi Bencana Alam: Tsunami

Sains Teknologi | Website Development

Sosial Masyarakat | Pariwisata Berkelanjutan Langkah Pelestarian Untuk Masa Depan