Sains Teknologi x Agro | Gerakan Zero Waste untuk mengembangkan konsep wisata ramah lingkungan ( mengurangi penggunaan plastik)

 Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Selamat siang Bapak/Ibu dan Rekan-rekan sekalian

Dengan bahan yang praktis dan desain yang menarik, plastik menjadi bahan yang sering dipakai berbagai kebutuhan. Hampir diseluruh lapisan, plastik digunakan sebagai alat kebutuhan yang selalu tersedia. Padahal, plastik adalah material yang tidak bisa terdegradasi (terurai). Sebanyak 33% dari plastik dunia berbentuk botol, kantong dan sedotan sekali pakai dan memiliki dampak buruk bagi lingkungan, tak terkecuali bagi tubuh. Parahnya lagi, sampah-sampah plastik tidak semuanya sampai ke tempat pembuangan untuk didaur ulang, namun justru terhampar berserakan dimana-mana. 

Menurut berita yang dilansir CNN Indonesia, Dirjen Pengelolaan Sampah, Limbah dan B3 KLHK Tuti Hendrawati menyebut total sampah di Indonesia akan mencapai 68 juta ton di tahun 2019. Sampah plastik sendiri akan mencapai 9,52 juta ton atau sebanyak 14 persen dari total sampah yang ada.

Berdasarkan data Jambeck (2015) Indonesia berada di peringkat kedua dunia penghasil sampah plastik ke laut yang mencapai sebesar 187,2 ton setelah Cina yang mencapai 262,9 juta ton. Bisa kita bayangkan tersiksanya hewan laut dari pencemaran yang dihasilkan? 

Berikut adalah infografis tentang sampah :

        Terima Kasih Dan Semoga Mudah Dipahami...


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sains Teknologi | Infografis Proses Mitigasi Bencana Alam: Tsunami

Sains Teknologi | Website Development

Sosial Masyarakat | Pariwisata Berkelanjutan Langkah Pelestarian Untuk Masa Depan